LesUnG PiPiT ?? * bkn LesUnG baTu taW *

KeNaPa & baGaiManA iA terJaDi ???


* cute kn KIM BUN *


Lesung pipit atau lekuk kecil yang ada di pipi seseorang memang bisa menambah kecantikan atau ketampanan . Tapi tidak semua orang memiliki lesung pipit di wajahnya . 


Kenapa ada orang yang memiliki lesung pipit dan ada juga yang tidak ? Beberapa masyarakat ada yang percaya dengan mitos bahwa lesung pipit bisa terbentuk dengan cara menusukkan ujung cabai ke pipi bayi . 


Tapi ternyata mitos tersebut tidaklah benar , karena lesung pipit terjadi akibat kelainan dari otot pipi yang diturunkan . Lesung pipit bisa muncul di kedua pipi atau hanya di salah satu pipi saja dan biasanya akan terlihat dengan jelas di wajah seseorang ketika ia sedang tersenyum , berbicara atau tertawa . 


Beberapa orang memiliki lesung pipi yang dalam dan sangat terlihat , sedangkan yang lainnya hanya terlihat samar-samar. Fenomena lesung pipit dipengaruhi oleh faktor genetik dan diperlukan gen lesung pipit yang dominan . 

Jika salah satu orangtua atau kakek neneknya memiliki lesung pipit, maka ada kemungkinan lesung pipit ini akan diturunkan ke generasi berikutnya . Anak-anak yang terlahir dari salah satu orangtua dengan lesung pipit akan memiliki kesempatan sebesar 25-50 % . 


Seperti dikutip dari NCTimes, Rabu (29/12/2010) Dr Joel Pessa, seorang ahli bedah plastik di University of Texas Health Science Center dalam makalah yang diterbitkan jurnal Clinical Anatomy tahun 1998 , menuturkan lesung pipit disebabkan oleh kecacatan dari otot zygomaticus utama . 

Lesung pipit yang muncul pada wajah seseorang diakibatkan oleh otot zygomaticus utama yang lebih pendek daripada ukuran sebenarnya atau otot ini terbelah menjadi dua , kondisi ini menyebabkan adanya lekukan pada pipi . 


Ketika seseorang tersenyum atau berbicara, maka ada daya tarik dari kulit yang membuat lesung pipit muncul akibat efek penarikan kulit tersebut . Hal ini diketahui setelah peneliti membedah anatomi wajah 50 mayat yang memiliki lesung pipit . 

Lesung pipit umumnya tidak terlihat ketika seseorang sedang diam , karena otot pipi tersebut tidak mengalami penarikan atau dalam posisi diam . Beberapa orang ada yang hanya memiliki lesung pipit ketika masih anak-anak atau muda . Hal ini karena seiring waktu otot wajah ini secara perlahan akan meregang yang membuat lesung pipit memudar atau hilang .


SUMBER :D'lovelizzers 


P/S : wah , capew yg adew lesung pipit ni mezty comel / ensem kn kn kn ?( bangga la ckit ) .. hehe .. beznye dpt owg yg ade lesung pipit ni coz xsemua yg ade ni ..


SALAM PAGI : fateeeeeeens : 

daH baCe ? SuKe x ? LIKE + k0meN la seKaLi ^__^

5 comments:

Nana said...

nana tak der lesung pipit...nana tak manis la nieh T_T tocing la :(

Idzanfashila said...

eh, ada2. tp ta jelas. ^^!

c budak faten said...

@nana : xsmstynya la...comey pe.. :)) xnk la tacink2.. :D

@shila : hehe...^^

AinAin said...

lesung pipit penambah seri senyuman!.:))

c budak faten said...

btol2 tu ain .. hehe :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

| bebudak comey n cute |

iklan sebentar :)